Artikel Pengaruh Lingkungan Terhadap Keberhasilan Pendidikan
Pengaruh
Lingkungan Terhadap Keberhasilan Pendidikan
Lembaga
pendidikan sebagai salah satu bentuk sistem sosial, senantiasa bersifat
terbuka. Artinya pendidikan tersebut selalu menerima masukan (input) dari
lingkungan dan memberikan hasil berupa output pada lingkungan. Keberhasilan
suatu lembaga pendidikan dalam mencapai tujuannya dipengaruhi oleh kondisi dan
situasi yang ada di sekelilingnya.
Konsep dan Jenis Lingkungan Pendidikan
Dalam kehidupannya sebagai makhluk sosial, manusia akan berhadapan dan berinteraksi dengan segala sesuatu yang berada di sekelilingnya, baik yang hidup (biotik) berupa manusia maupun bukan manusia seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan serta yang tidak hidup (abiotik) misalnya lingkungan alam.
Segala sesuatu yang berada di sekeliling manusia disebut lingkungan. Dengan demikian yang tergolong pada lingkungan adalah makhluk yang berada di alam (dunia) ini, yang hidup (biotik) maupun yang tidak hidup (abiotik) yang mempengaruhi perilaku, pertumbuhan dan perkembangan kehidupan manusia, termasuk kegiatan pendidikan.
Lingkungan hidup manusia dapat dibedakan menjadi lingkungan alam dan lingkungan sosial.
1.
Lingkungan alam ialah segala sesuatu atau benda di luar manusia yang berada di alam
dunia ini seperti batu, rumah, tumbuh-tumbuhan, hewan, iklim, siang dan malam
dan sebagainya.
2.
Lingkungan
sosial ialah semua manusia atau orang lain yang berinteraksi
dengan diri kita baik langsung maupun tidak langsung yang saling mempengaruhi
antara manusia yang satu dan yang lainnya. Sebagai makhluk sosial, manusia akan
saling mempengaruhi dan dipengaruhi orang lain.
Sebagai sebuah
sistem, keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh salah satu komponen
yang ada di dalamnya, tetapi juga oleh seluruh komponen dari sistem pendidikan
tersebut yang masing-masing mempunyai andil dalam mencapai tujuan yang
diinginkan. Salah satu komponen penting yang turut mempengaruhi keberhasilan
pendidikan adalah situasi dan kondisi tempat berlangsungnya kegiatan pendidikan
tersebut. Oleh karena itu baik lingkungan sosial maupun lingkungan fisik dan
alam sebagai tempat berlangsungnya pendidikan dengan segala situasi dan
kondisinya akan turut berpengaruh pada keberhasilan proses pendidikan.
Lingkungan pendidikan merupakan suatu keadaan atau berupa tempat yang memungkinkan terjadinya pendidikan. Karena pendidikan merupakan interaksi antar manusia, maka yang dimaksud dengan lingkungan pendidikan adalah suatu tempat dimana memungkinkan terjadinya suatu interaksi manusia dalam proses pendidikan dan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Keberhasilan pendidikan tidak terlepas dari kondisi lingkungan dimana
pendidikan itu berlangsung. Semakin kondusif suatu lingkungan tempat
berlangsungnya pendidikan, maka semakin mendukung terhadap keberhasilan
pendidikan dalam mencapai tujuannya.
sumber bacaan: Pedagogik, UPI Press
Komentar
Posting Komentar